Thursday, October 25, 2018

Suka Duka Selama Menjadi Blogger

Assalamualaikum, hello ladies.. Sebelum mengakhiri bulan Oktober ini, aku mau memberikan postingan yang intinya sih curhat gitu selama menjalani peran/rutinitas sebagai seorang blogger, ceilehhh... Tak lupa aku ingin memberitahukan terlebih dulu bahwa postingan ini merupakan kolaborasi bersama komunitas Beautygoers.





Awalnya aku membuat blog ini hanya sekedar iseng aja mempraktekkan cara membuat blog. Cukup lama blog ini tidak aku urus karena aku lebih kepincut membuat konten di akun YouTube aku yang berisikan tutorial membuat DIY, tips menurunkan berat badan, tutorial hijab, resep masakan bahkan tentang beauty.

Seiring berjalannya waktu, aku ngerasa mager dan gak semangat untuk update video-video lainnya dikarenakan aku baper dan kesel baca-baca komentar yang tidak membangun, terlebih kalau lebih banyak 'dislike' ketimbang yang pencet 'like', huhuu.. Youps, aku sadar memang kualitas video dan cara menyampaikannya tidak sebagus youtuber profesional. Karena aku hanya bermodalkan hp dengan kualitas pas-pasan dan resolusi seadanya, gak ada yang bantuin juga, semua serba sendiri.

Kadang aku iri dan ngerasa rese' kalau liat orang hpnya lebih bagus dari aku tapi cuma dia pake buat fefotoan selfie dan gitu-gitu aja, dalam artian gak memanfaatkan kecanggihan hp tersebut agar lebih bermanfaat, menghasilkan karya, dan menghasilkan uang lebih tentunya, wkwkk...

Namun, tau gak sih meski konten videoku terlihat jelek gitu, tapi butuh pemikiran, ide, waktu dan kuota untuk membuat 1 konten. Kemudian dengan mudahnya orang berkomentar yang kesannya 'sombong'. Aku bilang sombong karena memang saat aku klik akunnya yang bersangkutan tidak ada karya yang di upload. Please deh ah, sebelum menjelekkan karya orang, ada baiknya 'level' kalian diatas orang tersebut, seenggaknya jadi bisa saling bertukar ilmu, ide dan kreatifitas, ya gak sih? Hihiiyy...

Oke lanjut, sekarang kita masuk ke sesi curhat selengkapnya yahh 😗

Kenapa Memilih Menjadi Seorang Blogger?
Dulu, aku pernah punya online shop dan sering bekerjasama dengan para endorser biar produk jualanku makin hits, hhee.. Yang menjadi puncak masalah, waktu itu aku kesel karena ada salah satu endorser tersebut minta dikirimin (via inbox) mengenai manfaat dan sebagainya tentang produk-produk yang aku kirimkan.

Padahal dalam paket tersebut sudah aku sertakan kertas yang sudah aku cetak, apa salahnya sih dia nulis sendiri di postingannya biar bukan cuma copas doank? Ckckck... Eh pas dia kirim hasil fotonya ke aku, cuma pegang produk gitu doank dan gak dibuka/dipake. Tapi memang karena hasil fotonya bagus, orangnya juga cantik dan punya banyak pengagum, alhasil produk tersebut terbilang banyak juga yang beli.

Setelah itu, aku coba menghubungi salah satu seorang beauty blogger untuk mereview produk yang aku jual, wagelasehh kualitas dan kepuasannya beda banget shay. Padahal aku cuma kirim produk doank tanpa fee, sama dengan endorser lainnya. Tapi memang aku ngerasa jauh lebih suka bekerjasama dengan blogger tersebut. Karena memberi testimoni yang lebih bisa dipercaya, gak cuma foto produk doank tapi ada before-after dan bisa kasih 'ilmu' bagi calon pembeli.

Terlepas dari peranku sebagai penjual, saat menjadi pembeli aku juga gak mudah percaya kalau ada artis, selebgram, dan sebagainya yang mempromosikan produk, terlebih hanya foto produk doank dan tulisan seadanya. Aku jauh lebih tertarik membeli sebuah produk setelah aku membaca review lengkapnya di blog.

Maka dari itu, gak jarang aku mereview produk disertai dengan informasi mengenai bahan, cocok gaknya untuk jenis kulit tertentu, hasil before-after, intinya yang gak cuma asal review dan tetap jujur mereview berdasarkan hasil produk tersebut yang sudah aku gunakan. Tapi, memang ada sih beberapa review produk yang aku tulis seadanya, karena lagi buru-buru, males update tapi harus ada postingan, dan alasan-alasan lainnya yang gak baik untuk dicontoh, wkkwkk...

Apa Keuntungan Menjadi Blogger?
Yang paling berkesan, aku bisa berkenalan dengan banyak beauty blogger lainnya, bisa dapat ilmu seputar ngeblog, terus update mengenai tips-tips kecantikan, bisa berkolaborasi, hingga mendapat kiriman produk-produk untuk direview.

Biasanya, untuk review produk lebih sering tidak mendapat fee. Namun memang harga produknya sudah cukup mahal dan aku gak begitu mempermasalahkannya, terlebih bila produk tersebut aku suka dan bisa aku gunakan sehari-hari.

Pernah juga bahkan beberapa kali aku ngerasa kesel karena tidak dipilih untuk mereview produk yang ditawarkan ke beberapa blogger. Namun, setelahnya aku jadi bersyukur karena pas aku baca produk tersebut memang gak bener-bener aku butuhkan, gak sesuai dengan jenis kulitku, ada kandungan yang gak aku suka, dan permasalahan lainnya. Karena aku memang gak suka kalau ada produk yang mubazir gak kepake, dan aku juga gak pernah menjual produk-produk yang aku punya, terlebih kalau mesti dikirim keluar kota. Jadi, biasanya aku kasih ke saudara aja, hhee..

Kesulitan Selama Menjadi Blogger
Yang paling sulit adalah melawan rasa malas, wkkwkk.. Untuk mengatasi hal tersebut, terkadang aku mengikuti kolaborasi dengan para blogger. Bisa dibilang aku termasuk tim 'Deadline' mau gak mau harus publish tulisan di blog sebelum waktunya berakhir, hhaa..

Sejak punya anak, rasa malas itu makin bertambah. Aku jadi jarang banget sempet buka komputer, alhasil tulisanku di blog biasanya masih ada yang belum dirapikan, belum lengkap dan sebagainnya, hufftt...

Peralatan Untuk Ngeblog
Salah satu alasanku lebih rutin ngeblog ketimbang upload video YouTube, karena lebih simpel, cepet dan praktis. Biasanya yang paling aku butuhkan dan sering digunakan untuk ngeblog yaitu perintilan untuk foto-foto.

Aku termasuk orang yang mudah bosan, alhasil aku berusaha untuk gak beli properti foto yang macem-macem, takut mubazir. Gak hanya dirumah, terkadang aku bawa produk ke tempat wisata seperti pantai, tempat berenang, dan tempat lainnya yang terlihat lebih menarik.


Hasil foto di tempat wisata



Akhir-akhir ini aku lebih sering foto dirumah dengan menyiapkan alas foto yang berwarna putih, youps putih gak pernah salah shay dan selalu digunakan untuk fefotoan. Selain itu juga aku gunakan majalah, notes book, kotak bekas, kemasan sheet mask, dan bunga-bunga yang tinggal ambil di pekarangan rumah, hihiii...





Hasil foto dirumah




Nah, itu tadi cerita aku selama menjadi seorang Blogger. Aku bersyukur karena berkat ngeblog, aku jadi semakin rajin nulis, gak males cari tahu dulu review produk lebih lengkap. Hasilnya aku jadi gak mudah percaya dengan orang-orang yang hanya sekedar promosi, hhee..

Untuk cerita lainnya, kalian bisa baca behind the scene of a blogger's life yang ditulis oleh salah satu temenku, Rizka

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca curhatanku ini, semoga bisa memberikan manfaat untuk kalian.


Temui aku di :
Instagram : elvinautami
Youtube : elvina utami
Fanspage : Muda Berbakat by MEn'U
Email : Lveenha@yahoo.com



Wassalamu'alaikum ^•^




18 comments:

Afnidinna said...

Wah kok sama..aku juga kadang suka ambil bunga sebagai properti sampai suka dimarahin sama ibuku kalo petik bunganya hehe

r_pipie said...

Bener banget yah bebs, kalau punya anak kita harus pintar pintar bagi waktu.

dust brush said...

wuah betul bgt yg plg susah ya melawan rasa malas haha

N for Nakawrin said...

iya ya, jadi blogger lebih simple peralatannya ketimbang vlogger

Ika Devita Susanti said...

dengan ngeblog jadi bisa mengutarakan semua yang ada di kepala yah beb, dan skaligus mengasah kreativitas heheh

Mels Playroom said...

Aku juga ngeblognya up and down. Hahaha... emang musuh terbesar adalah (kemalasan) diri sendiri ya. Btw, soal youtube aku jg baru mulai dgn alat seadanya banget. Jgn down dl say, lanjutin aja. Abaikan yg sinis apalagi tanpa karya, ga guna dijadiin benan pikiran. Yg penting terus berkarya ya say. Baik blog n youtubenya. Sukses!

casanty said...

Wahhh... seru juga ya nge blog.. aku kok jd pengen buat jugaaa.. pasti ya ada pasang surut tp kalo kita suka ya pasti enjoy yaaa..

amelia_rosana said...

Sama kak...rasa malas itu masalah terbesar yang pernah ada

casanty said...

Bener2 ya perjuangannya.... tp kalo kita jalanin yg kita suka In shaa Allah bikin happy yaaa.. semangat terussss

Tami Oktari said...

Intinya jadi blogger itu ga mudah ya kak hehe orang lain cm liat enaknya aja, padahal bts nya mah kacau wkwk 😂

Maria Octavia said...

Yaaa memang ada suka dan dukanya ya beb kalo jadi blogger hehehe

Demia Kamil said...

suka dukanya itu sesuatu banget emang ya beb hihihi

Abigail Frida said...

semua memang butuh komitmen sih say hehe sama aku juga males apalagi lagi sibuk kuliah.

Amelia Pratami said...

Properti bisa di dapat dimana aja bahkan telenan pun bs jd properti foto ya wkwk

widyalimitedcom said...

Foto di tempat wisata atau di cafe gt emang udah jd makanan sehari2 ya kak wkwkwk.. aku pernah ampe dilarang foto produk looh di cafe 😭

Sweetirtup said...

Pengen sih jdi blogger dri dlu.. Tpi kaya susah gitu buat nulis.. Bingung nulis yg asik biar pembaca gak bosen..

Tiriz dans said...

Tapi banyak suka nya yahh.. emang inspirasi nulis itu rada berat kadang2

Ririn Wandes said...

Jadi blogger banyak suka dan duka ya kan kak tapi ttep hepi nya banyak.

PesonaCleopatra