Thursday, May 31, 2018

Review Utama Spice - Cantik dan Awet Muda Dengan Perawatan Herbal

Assalamualaikum, hello ladies...
Senang sekali rasanya karena aku bisa kembali membahas produk perawatan kulit. Istimewanya, produk ini dari merek lokal yang berlokasi di Ubud, Bali yaitu Utama Spice yang 100℅ menggunakan bahan alami & herbal. Senangnya lagi karena diantara banyaknya produk berkualitas & menarik untuk dicoba yang mereka punya, aku menemukan produk yang sesuai dengan yang aku mau & yang dibutuhkan oleh kulitku yaitu perawatan untuk kulit kering dan anti aging (penuaan dini).




Bisa dibilang aku kecewa karena baru tahu merek ini. Sejak usia 25 tahun aku gencar banget mencari & menggunakan produk yang bisa mencegah penuaan dini. Setelah akhirnya aku memiliki beberapa produk skincare yang aku mau, sayangnya aku gak bisa rutin menggunakan produk-produk tersebut dikarenakan aku mendapatkan momen kebahagiaan yaitu kehamilan. Youps, seperti yang sudah diketahui banyak wanita, selama hamil sebaiknya kita tidak menggunakan produk skincare yang bisa memutihkan wajah, anti jerawat dan anti aging.

Namun, hal tersebut tentu saja berlaku untuk bahan kimia tertentu yang terdapat dalam sebuah produk. Contohnya pada produk anti aging biasanya menggunakan bahan Ascorbic Acid yang mempunyai dampak negatif untuk janin terutama bila digunakan dalam jangka waktu lama. Selain itu kandungan bahan kimia lainnya yang sering digunakan di produk-produk kecantikan bahkan dari merek lokal & bisa berdampak buruk yaitu Propylene Glycol.

Cerita dikit yah, selama hamil aku mau gak mau jadi menghindari pemakaian produk skincare kecuali untuk cuci muka sehari-hari. Akibatnya tentu saja kulit aku jadi tak terawat, kusam, menggelap, dan sejenisnya. Memang sih aku tahu ada brand luar yang mengeluarkan produk berbahan natural & herbal namun harganya memang lebih mahal dibandingkan dengan produk lokal yang berbahan kimia, hhaha dasar yah maunya irit mulu.

Nah, ternyata ada juga loh brand lokal yang 100℅ menggunakan bahan dari alam dengan harga yang bisa dibilang sama dengan produk berbahan kimia, yaitu Utama Spice. Produk-produk dari Utama Spice aman digunakan karena gak cuma bebas dari Paraben, namun juga dalam membuat produknya tidak menggunakan bahan-bahan yang bisa berdampak negatif bagi kulit seperti Sulfate, Dioxane, Palm/Mineral Oil, Propylene Glycol dan bahan kimia lainnya.

Oke lanjut daripada kelamaan curcol, mending kita langsung masuk ke review produk-produk dari Utama Spice. Diantara banyaknya produk skincare dari brand ini, aku akan me'review 5 produk yang cocok untuk kulit kering dan anti aging. Baca reviewnya sampai akhir yah ^•^




Harga : -+ Rp. 152.000,-
Ukuran : 30 ml
Tanggal Kadaluarsa : 03/2020
No. BPOM : NA 18160100488




Produk ini dikemas dalam botol kaca berukuran 30ml. Serum wajah ini dibuat dengan menggunakan bahan berkualitas tinggi yaitu Argan seed oil, Jojoba seed oil, Coconut oil, Cocoa seed butter, campuran dari berbagai essential oil seperti Lavender, kenanga, Rose geranium dan Patchouli.


Tidak seperti kebanyakan produk serum yang mudah meresap, natural face serum ini akan membuat wajah kita berminyak, youps tentu saja dikarenakan bahan-bahan yang digunakan banyak mengandung minyak, sehingga produk ini lebih cocok digunakan untuk yang memiliki keluhan kulit kering pada wajah. Namun seperti yang terlihat pada bahan utama produk ini yaitu Argan Seed Oil yang mana mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan karena kaya akan vitamin E dan antioksidan, bisa untuk mencegah, mengobati bahkan memudarkan bekas jerawat, menghaluskan kulit dan membantu memproduksi sel-sel kulit yang baru.

Face serum dari Utama Spice ini diolah secara handmade, jadi bila kita sudah mempunyai bahan-bahan tersebut kita bisa mencampurkannya sendiri dengan takaran 6sdm Argan oil dan 3 tetes essential oil atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan, kemudian masukkan kedalam kemasan botol lalu siap digunakan.



Oh ya face serum ini memiliki aroma alami yang berasa menenangkan kulit. Namun satu hal yang cukup ganggu, isi dari serum ini mudah tumpah dan menempel di badan botol, jadi mesti berhati-hati saat membukanya. Selain untuk anti aging, kita bisa menggunakan serum ini sebagai pengganti pelembab wajah.

Untuk pemakaiannya cukup 3-4 tetes, lalu usapkan pada wajah dan pijat selama 2 menit atau sampai tampak meresap dan siap untuk menggunakan skincare selanjutnya. Selain itu pemakaiannya bisa juga dengan cara teteskan face serum di telapak tangan, baurkan dan tepuk-tepuk pada wajah.





Harga : -+ Rp. 181.500
Tanggal Kadaluarsa : 12 / 2019
Ukuran : 30 ml
No. BPOM : NA18140100867 (tertera di kemasan) 
NA18180100341 (tertera di web BPOM)




Sama seperti face serum, jojoba oil ini juga dikemas dalam botol kaca berukuran 30ml dengan menggunakan pipet untuk mengeluarkan isi produk dan mengoleskannya pada kulit wajah. Produk ini 100℅ menggunakan bahan alami minyak Simmondsia Chinensis (Jojoba).


Selain untuk wajah, minyak jojoba ini juga bisa digunakan untuk rambut. Aku juga sudah pernah mengoleskan minyak ini di rambut anakku, dikarenakan rambut anakku tuh lambat banget tumbuhnya. Minyak ini aromanya lebih lembut dibandingkan face serum dari Utama Spice, tidak meninggalkan sisa minyak, mudah diratakan, lebih cepat meresap dan membuat kulit wajah terasa dingin.


Keunggulan dari minyak Jojoba ini yaitu sebagai antioksidan, kaya akan vitamin A, D, E, yang baik untuk regenerasi sel-sel kulit, membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan mencerahkan kulit yang kusam. 

Produk ini sangat aman digunakan karena anti bakteri, tidak beracun dan tidak menyebabkan alergi pada kulit. Jojoba oil ini cocok untuk semua jenis kulit, bahkan bagi kalian yang memiliki masalah kulit berminyak karena bisa menyeimbangkan produksi minyak yang berlebih (sebum) pada kulit wajah.


Aku rutin mengoleskan jojoba oil ini di pagi hari. Urutannya sangat simpel yaitu cleanser, toner, jojoba oil, sunscreen/sunblock, cream. Produk ini sangat membantu karena sunblock yang aku punya memberi efek kilap setelah berjam-jam digunakan, mungkin kalau di cuaca yang adem bakal bagus hasilnya karena kulit wajah tampak glowing, namun saat cuaca panas maka hasilnya malah keliatan kayak kilang minyak, wkkwk.. Nah berkat jojoba oil, produksi minyak berlebih (sebum) jadi bisa dikontrol sehingga tidak over.

Tidak hanya sunblock, biasanya penggunaan makeup seperti foundation atau BB cream juga bisa membuat kulit wajah berminyak, nah solusinya kita bisa mengoleskan jojoba oil terlebih dulu pada wajah yang sudah dibersihkan.






Harga : -+ Rp. 49.500
Ukuran : 30 gram
Tanggal Kadaluarsa : 01/2020
No. BPOM : NA18130100450



Produk ini dikemas dalam wadah pot bulat berukuran 30g dan diyakini isinya 100% menggunakan bahan-bahan natural, bebas dari Paraben, tanpa bahan sintetis & tidak menyakiti/uji coba produknya pada hewan.



Body balm dari Utama Spice terbuat dari minyak kelapa murni (VCO) sebagai antioksidan serta membantu memperbaiki kulit yang rusak , lilin lebah (Beeswax) yang melindungi kulit dari iritasi, anti bakteri, sebagai emolien dan zat pelembab. Nah, lilin lebah ini tentunya bisa menggantikan Petroleum Jelly ataupun bahan kimia Propylene Glycol yang bisa berdampak buruk bagi kulit. Selain itu juga ada minyak adas (Foeniculum Vulgare), Peppermint Leaf Oil, Vetiver Root Oil dan Nutmeg Seed Oil.

Body balm ini bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi kulit yang kering, kita bisa mengoleskannya di bagian siku dan kaki yang kering ataupun pecah-pecah. Namun aku coba menggunakan balm ini di bagian bibir. Karena waktu itu tiba-tiba kulit bibir aku kasar banget setelah aku oleskan lip cream matte favorit aku, duhh bikin kesel deh, pas ngaca atau diliat langsung, bibir aku keliatan biasa saja namun setelah aku raba kerasa banget kasar & berkerak parah. Saat itu juga aku jadi ngerasa khawatir karena dulu pernah aku baca cerita ada teman sesama Beauty Blogger yang mengalami kulit bibir yang kasar banget setelah pemakaian lip cream, dan dia mesti cek ke dokter untuk pengobatan, ckckk..


Isi dari body balm ini berbentuk padat dan cara pemakaiannya yaitu dengan mengoleskan langsung ke bagian kulit yang diinginkan. Yang aku suka dari balm ini meski sudah dioles berkali-kali namun masih nampak bagus di kemasan, tidak keliatan bekas dicolek-colek kecuali kalau pas pengambilannya di congkel-congkel gitu yah, haaaha. Selain itu aroma mintnya terasa bikin rileks. Yang paling penting balm ini isinya banyak banget, bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Oh ya produk ini hanya untuk pemakaian luar saja yah, hindari kontak dengan mata dan membran mukosa. Simpan ditempat sejuk dan kering/jauhi dari sinar matahari.





Nah, dikarenakan balm ini hanya untuk pemakaian luar jadi memang sebaiknya tidak untuk bibir sih karena dikhawatirkan nanti ikut kemakan, hihii.. Atau solusinya bisa juga dioleskan saat ingin tidur di malam hari.

Sebenarnya aku memang punya sih masalah kulit kering, mengelupas dan pecah-pecah pada bagian kaki. Nah, makanya aku oleskan balm ini secara rutin pada malam hari. Hasilnya termasuk cepat karena meski baru coba 1 malam namun pecah-pecah di tumit terlihat lebih memudar, gak mencolok gitu garis pecahannya.


TEMU-TEMU FACE MASK

Harga : Rp. 65.000,-
Ukuran : 50 gram
Tanggal Kadaluarsa : 12/2020
No. BPOM : NA18170200740





Produk ini dikemas dalam wadah berukuran bulat. Awalnya kemasan masih disegel plastik transparan sehingga kita mendapatkan produk yang masih baru dan terjaga kualitasnya.


Face mask ini dibuat secara handmade dengan mencampurkan 2 bahan saja yaitu white clay (tanah liat) dan temu lawak yang secara tradisional bermanfaat untuk membersihkan kulit wajah dari sel-sel kulit mati sekaligus bisa untuk mencegah penuaan dini pada kulit.



Yang aku suka masker ini berbentuk bubuk yang halus sehingga kita bisa mengkombinasikannya dengan air mawar, masker kefir, susu, madu atau apa saja yang bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah sehingga selain wajah bersih dan mencegah terjadinya penuaan dini, kita bisa mendapat manfaat lain sesuai dengan bahan yang kita tambahkan misalnya bisa sekalian untuk mencerahkan wajah, menghilangkan bekas jerawat, dll.



Cara penggunaannya sangat mudah, bila kita tidak ingin menambahkan bahan lain, kita cukup tambahkan air sedikit saja, bener-bener hanya butuh sedikit sudah bisa membuat masker ini berbentuk seperti pasta dan siap untuk dioleskan ke wajah. Tunggu hingga masker bener-bener kering sampai warna kuningnya berubah menjadi lebih pucat/muda. Nah, setelah kering ini bahan dari maskernya mulai bekerja, tanah liat berfungsi untuk menyerap racun pada kulit, sedangkan temu lawak bekerja mengembalikan cahaya kulit sehingga kulit nampak muda dan segar.

Namun untuk yang memiliki masalah kulit kering terutama yang sangat kering, gunakan masker ini tidak lebih dari 10 menit, gak perlu menunggu maskernya sampai benar-benar kering di wajah.

Pemakaian masker bisa digunakan di pagi hari setelah bilas wajah dengan air, setelahnya tidak perlu mencuci muka dengan sabun wajah namun dilanjutkan dengan pemakaian toner kemudian biasanya aku oleskan Face Serum dari Utama Spice.

Bila digunakan pada sore atau malam hari, oleskan masker setelah double cleansing atau setelah menggunakan facial foam saja, jadi setelah menggunakan masker kita tidak perlu mencuci wajah dengan sabun meski memang sih masker ini masih meninggalkan sedikit warna kuning dari sisa masker namun bisa dibersihkan dengan pemakaian toner, atau setelahnya juga bisa menggunakan skincare seperti Aloe Vera Gel.

Oh ya normalnya akan ada rasa 'nyelekit' atau kesemutan pada wajah setelah menggunakan masker ini dikarenakan ada kandungan white clay, terutama untuk kalian yang kesehariannya sering menggunakan makeup & aktif di luar ruangan serta jarang mengeksfoliasi kulit. Namun di wajah aku hasilnya biasa saja tidak ada 'cenat-cenut' kesemutan karena memang aku jarang menggunakan makeup, maklum lah ya sehari-harinya cuma dirumah ngasuh anak, hihiyy..




TEMU-TEMU BODY SCRUB

Harga : -+ Rp. 160.000
Ukuran : 150 gram
Tanggal Kadaluarsa : 01/2020



Produk ini dari bentuk kemasan tampak sama dengan maskernya, hanya berbeda di desain warna yang tertempel di kemasan.




Body scrub dari Utama Spice ini terbuat dari bubuk beras, bubuk rempah-rempah tradisional seperti temu lawak, temu kunci dan kencur. Selain itu juga ada garam dan ekstrak akar kunyit. 

Campuran semua bahan ini berguna untuk membersihkan dan mengangkat sel kulit mati secara lembut sekaligus anti penuaan dan menjadikan kulit terasa halus dan mulus.




Setelah dibuka isinya ternyata banyak banget dan benar-benar terisi penuh. Namun sebenarnya ini memang diluar dugaan, karena aku kira body scrub ini bentuknya cream basah seperti kebanyakan body scrub merek lokal, ternyata aku salah, wkwkk..

Setelah aku pikir-pikir lagi ternyata wajar aja sih bentuknya bubuk dikarenakan produk ini handmade. Sama halnya bila kita mencoba membuat sendiri masker ataupun scrub, pastinya akan lebih tahan lama bila dalam bentuk bubuk dibanding tekstur basah yang lebih nyaman untuk 1x pemakaian saja.

Setelah dibasahi dengan air nampak seperti bumbu untuk masak opor ayam, hhaaa... Saat aku mulai oles body scrub ini aroma rempah-rempahnya kecium banget. Setelah dioles cepat mengering dan aromanya agak berkurang namun kecium kayak bau rempah yang dibakar gitu tapi kalau sudah dibilas sih aromanya memudar kok bahkan gak kecium lagi. Hasilnya kulit jadi bersih dan terasa nyaman karena tidak kering namun menjadi halus.


HASIL PEMAKAIAN 
PRODUK-PRODUK UTAMA SPICE 


BEFORE 
(12 APRIL 2018)



AFTER
(8 MEI 2018)



Kalau dilihat dari tampak depan, wajahku keliatan bersih, namun sebenarnya masih punya bekas jerawat kok, hhaa.. Cuma karena posisinya dipinggir jadi aman deh bisa ketutup sama hijab.


Untuk yang 'after' itu foto terbaru (14 Juli 2018). Produk-produk Utama Spice sudah aku gunakan 4 bulan lebih. Meski aku menggunakan berbagai macam produk & merek skincare (setiap hari) dan makeup (jarang), namun tidak berefek beruntusan, iritasi, gatel-gatel, kulit kemerahan, dsb. Selain itu wajah aku juga gak muncul jerawat atau membuat bekas jerawatnya menjadi parah. 


Nah, itu tadi review 5 produk dari Utama Spice. Produk yang paling aku suka yaitu Face Serum, karena memiliki kandungan yang lebih komplit dibanding Jojoba Oil. Produk ini aku gunakan setiap hari dan bisa digunakan -+ 5 bulan. Selain itu aku juga suka Temu-temu Face Mask karena bisa membersihkan wajah, mengangkat sel kulit mati sehingga penggunaan skincare berikutnya jadi lebih optimal.

Produk-produk dari Utama Spice aman & nyaman banget digunakan untuk kulit wajah kering ataupun berminyak. Dari segi bahan, argan oil tidak menyumbat pori-pori, sedangkan jojoba oil memiliki tingkat comedogenic yang rendah. 

Yang paling membuat aku sangat merekomendasikan produknya Utama Spice karena bahan-bahan yang digunakan tidak begitu banyak dan sesuai dengan klaim yang tertera pada kemasan, misalnya produk Face Serum bermanfaat untuk anti aging, nah kita bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan menggunakan bahan alami Argan Seed Oil, yang mana terdapat di urutan pertama bahan yang tertera di kemasan. Sehingga komposisinya lebih banyak dan hasilnya akan benar-benar kita rasakan.

Sering kali aku lihat produk skincare yang gak sesuai dengan klaim, misalnya tertera tulisan produk tersebut mampu mencerahkan wajah dengan adanya kandungan ekstrak bunga bla bla bla (dari luar negeri) namun setelah dicek ternyata kandungan bahan tersebut tidak masuk di urutan 5 bahkan 10 bahan teratas, sehingga hasilnya tidak optimal dalam mencerahkan wajah.

Selain produk-produk untuk mengatasi kulit kering dan perawatan untuk mencegah penuaan dini, Utama Spice juga memiliki produk lainnya yang bisa digunakan untuk keluhan kulit berminyak & berjerawat, perawatan rambut, lip treatment, dan masih banyak lagi. Info selengkapnya kalian bisa kunjungi link sosial media Utama Spice.






Wassalamu'alaikum ladies ^•^






32 comments:

icha - www.south-skin.com said...

Aku sudah lama pengen nyobain Utama Spice, terutama masker Temu Temu-nya. Tapi sampai sekarang masih belum kebeli haha #kbbvmember

winda - www.dajourneys.com said...

aku udah lama nih pakai produk utama, dulu suka banget sama maskernya, tapi belakangan susah nyari di kotaku :( #kbbvmember

Lidya Natalia - Luella Artistry said...

waaah.. aku penasaran banget sama body scrub nya nih...

#kbbvmember

Liana eka said...

aku penasaran banget sama si jojoba oil dan temu-temu face masknya... ingin beli tapi takut delay nyampenya karna mau lebaran hehe
#kbbvmember

Sari Hati said...

Aku pengen nyobain masker temu-temu itu dari lama. Tapi belum kesampaian deh. #kbbvmember

Alfia Widati said...

Aduh ini skincare brand favorit aku! Aku suka banget dengan lavender oil dan coconut oilnya! #KBBVmember

Wilda wildamoi said...

Pengen nyobain face serum nya.. buat kulit kering pasti bagus banget nih

#kbbvmember

Demia Kamil said...

aku pernah denger yang temu-temu nih, tapi belum pernah coba sih, jadi penasaran pengen cobain ah <3


XOXO
Demia from Kembanggularoom
#KBBVmember

Beautyafest said...

Ini aman dipake pas lagi hamil ya? Wah perlu dicatet niih.. #kbbvmember

Innova Carolina said...

aku penasaran belum pernah punya nih #kbbvmember

Angelika Witarsa said...

Bagus ya maskernya? Jadi pengen😍
#kbbvmember

Xiao Vee said...

wahh aku bru pernah cobain lip balmnya utama spice, jd penasaran ma yg lain :D

Green Lady said...

Wahh bisa jd rekomendasi klo lg nanti hamil lg nich -Aamiinn-...

#kbbvmember

Syasa Bethan said...

Jadi pengen nyoba deh... Penasaran #kbbvmember

Lucy said...

Wah keliatan bagus ya mask nya, jadi penasaran #kbbvmember

eccy_ marafa said...

Bhannya dr yg alami ya sis, sound good #kbbvmember

Lily Kanaya said...

Pengen nyobain si Temu Temu Face masknya nih beb #kbbvmember

Dita Zahara said...

Aku baru tahu produk ini, penasaran pengen coba face serumnya

Sari Hati said...

Jojoba oil itu mmg byk banget manfaatnya ya beb. Produk bayi juga byk bgt yg mengandung si jojoba oil ini kan ya..

Nela Clara S. said...

Didaerahku blm ada yg jual brand ini :( pengen nyoba juga

Tami Oktari said...

Waaah ada body balmnya juga yang di Utama Spice^^

Jendela Lisa said...

Brand inj kyknya susah ya beb di caringa. Tapi masker temu-temu nya kyk bagus ya beb.

Maria Octavia said...

Aku belum pernah coba produk ini.. hmm..

Indira W said...

Penasaran sama face serumnya, tapi takut gak tahan deh sama wanginya :(

ayaocha said...

Aku masih naksir sama maskernya nih, belom keliatan sih hasilnya tapi karna bahannya alami jadi ya pasti agak lama, lagian hati jadi tenang klo pake produk alami

Beatrix Alinda said...

jujur aja baru denger nih tentang produk ini dan sepertinya aku penasaran untuk cobain beb

Beatrix Alinda said...

Baru dengerr produk ini hahaha, apalah daku yg baru kenal tentang skincare sih dan bikin aku penasaran pngen cobaaa

Margaretha Lovinna said...

Pas ngerti ini dulu aku kira Ultima spice ternyata ngga, kayaknyaini memang bisa buat alternatif dari US

IraChan said...

Baru pertama dengar produk ini, serumnya mehong jg ya

Ika Devita Susanti said...

wahhhhh baru tau nih ada yang beginian, harganya cukuop terjangkau yah buat 30 ml kandungannya bagus juga. thanks for the review bebeb

Annindah K said...

Penasaran sm serumnya karna aku termasuk org yg suka nyoba2 serum buat review cocok yg mana buat dijadiin skincare 😁

adeuny said...

aku jadi penasaran ini sama yang scrubnya.. itu bau kunyit nggak sih hhehehe

PesonaCleopatra