Tuesday, August 15, 2017

Resep Lezat Ayam Panggang Madu (1 resep bisa jadi 2 masakan)

Assalamualaikum, hello foodies.. Kalo ngomongin soal menu masakan yang terbuat dari ayam pasti deh kebanyakan suka bila dipanggang ataupun dibakar, namun terkadang memang menu satu ini jarang sekali disajikan untuk menu sehari-hari alhasil lebih sering beli diluar sambil menikmati waktu santai bersama keluarga atau saat liburan. Nah kali ini aku ingin coba bagikan resep sederhana cara membuat ayam panggang yang mudah, tidak membutuhkan banyak waktu sehingga dalam 1 minggu kita bisa memasaknya untuk disajikan saat menikmati makan siang ^_^



BAHAN-BAHAN

  • Ayam negeri 4-5 potong
  • Jeruk nipis
  • Air -+ 1 liter
  • Santan cair instan/bubuk 1 bungkus
  • Minyak goreng -+ 3 sdm untuk menumis

Tumbuk bumbu ini (haluskan) :
  • Bawang merah dan putih 4 siung
  • Cabe merah dan rawit sesuai selera
  • Kemiri 2 butir
  • Garam 1/2 sdm
  • Gula merah 1/4 potong (optional)
Bahan olesan :
  • Madu dan kecap 2 sdm


PROSES PEMBUATAN


Beri perasan jeruk pada potongan ayam, campur dengan bumbu halus, diamkan sebentar.



Tumis minyak, masukkan ayam beserta bumbu, tuang air, beri santan, aduk-aduk.
Tutup wajan agar ayam cepat matang.



Oleskan ayam yang sudah direbus dengan bahan olesan.



Panaskan sedikit minyak goreng/margarin. Panggang ayam di teflon -+ 3menit, hanya sampai tekstur luar ayam/kulitnya berwarna kecoklatan.



Ayam panggang madu siap disajikan.

Nah selesai deh, simpel banget kan bahan dan cara pembuatannya? gampang untuk dicoba dirumah. Menu ini favorit aku dan suami, kadang juga digoreng karena aroma wanginya kecium banget deh setelah ayam selesai direbus dengan santan dan campuran bumbu yang sudah ditumbuk. 

Biasanya juga tidak menggunakan santan dengan air yang lebih sedikit sehingga setelah direbus air lebih cepat menyusut. Bisa juga tidak dioles kecap dan madu namun gula merahnya mesti ditambahkan pada bumbu yang ditumbuk agar saat dipanggang/digoreng warna ayamnya tetap terlihat coklat menggoda dan berasa manis, sajikan dengan sambal pedas dan lalapan untuk pelengkap agar makan siang terasa lebih nikmat ^_^


Btw, karena air sisa perebusan ayam masih cukup banyak alhasil daripada mubazir jadi aku gunakan sebagai kuah untuk diolah bersama aneka sayuran. Cara memasaknya simpel banget, masukkan potongan sayuran dan telur puyuh yang sudah direbus kedalam kuah santan tadi, masak hingga matang. Bisa tambah garam ataupun potongan cabe sesuai selera dan kreasi masing-masing. Selamat mencoba dan semoga bisa menjadi menu favorit keluarga.




Terimakasih sudah mampir di blog aku.

Temui aku di :
Instagram : elvinautami
Youtube : elvina utami
Fanspage : Muda Berbakat by MEn'U
Email : Lveenha@yahoo.com



Wassalamualaikum ^_^





No comments:

PesonaCleopatra