Wednesday, August 23, 2017

Cara Membuat Cilok Goreng Keju/Sosis Untuk Ngemil Enak

Assalamualaikum, hello foodies.. Dulunya sewaktu aku masih rajin-rajinnya bikin cemilan, aku sering banget membuat cemilan dari bahan tepung-tepungan. Entah itu jadinya kue, mie, bakso ataupun cemilan ala sunda seperti Cilok dan Cireng. Nah, kali ini akan aku bagikan cara membuat Cilok goreng beserta bumbu kacangnya. Ngomong-ngomong soal kacang aku suka banget deh makanan apa aja yang ada sambal atau bumbu kacang, entah itu sate, rujak buah, ketoprak, siomay, batagor, bahkan cilok ini. Terkadang juga saat lagi jalan-jalan santai ke pantai bersama suami, seringnya sih aku beli jajanan yang ada sambal kacangnya. Nah, sekarang mending langsung saja deh kita masuk ke resep pembuatan cilok goreng ^_^


BAHAN-BAHAN

  • 500 gram tepung tapioka atau sagu
  • 200 gram tepung terigu protein sedang/serbaguna
  • 4 siung bawang putih (iris kecil-kecil) atau bisa diganti dengan daun bawang bahkan irisan sayur kol
  • Garam secukupnya
  • Air hangat sedikit saja/seperlunya
  • Tusukan sate
Untuk isian (pilih sesuai selera) :
  • 2-4 sosis (potong bulat)
  • Keju
Bumbu kacang (blender/haluskan) :
  • -+50 gram kacang tanah
  • 1/4 potong gula jawa/secukupnya
  • Cabe rawit/keriting sesuai selera
  • Air secukupnya

PROSES PEMBUATAN

  • Siapkan air rebusan terlebih dahulu
  • Campur kedua macam tepung dan garam
  • Tuang air hangat sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dengan mudah diuleni/tidak lengket
  • Masukkan irisan bawang putih/daun bawang/sayur kol
  • Bulatkan adonan
  • Isi dengan potongan sosis atau keju 
  • Rebus adonan yang sudah dibulatkan
  • Goreng dan tusuk dengan tusukan sate
  • Siap disajikan dengan cocolan bumbu kacang

Yeay, selesai deh... Gimana, mudah banget kan untuk dicoba? bahan dan proses pembuatannya dijamin gak pake ribet dan gak perlu waktu berlama-lama untuk menghidangkan cemilan enak ini.

Selamat mencoba dan semoga bisa jadi menu cemilan praktis sebagai teman dikala santai.


Terimakasih sudah mampir di blog aku.

Temui aku di :
Instagram : elvinautami
Youtube : elvina utami
Fanspage : Muda Berbakat by MEn'U
Email : Lveenha@yahoo.com



Wassalamualaikum ^_^


No comments:

PesonaCleopatra