Tuesday, June 20, 2017

Pengalaman dan Solusi dalam Mengatasi Sakit Buang Air Kecil dengan Prive Uri-cran

Assalamualaikum ladies gimana nih puasanya? semoga masih tetap lancar ya meski cuaca panas di siang hari atau bahkan pas sahurnya kesiangan sehingga makannya cuma dikit deh, hhee... 

Btw, aku mau berbagai cerita pribadi nih soal kesehatan. Beberapa bulan yang lalu tepatnya pada malam hari, seperti biasanya aku terbangun karena ingin buang air kecil, namun terasa berbeda dari biasanya karena aku ngerasa susah bahkan sakit buang air kecil. Aku sempat mikir apa karena masih kebawa mimpi sehingga aku linglung sampe lupa gimana caranya buang air kecil, wkkkwk yang pasti waktu itu aku jadi kesel sampe nangis karena gak bisa buang air kecil, huhuuu -.- kemudian suami ngasih aku minum air hangat dan akhirnya kencing'pun bisa dikeluarkan, ckkckk.



Keesokan harinya aku jadi cari tahu penyebab sakit saat buang air kecil, nah ternyata bahasa lainnya disebut anyang-anyangan. Jujur saja sebelumnya aku belum pernah tau soal anyang-anyangan karena belum ngerasain susah bahkan sakit saat buang air kecil. 

Masih belum paham apa itu Anyang-anyangan?
Faktanya, 5 dari 10 wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih yang gejala awalnya sering disebut sebagai Anyang-anyangan atau rasa ingin buang air terus menerus namun hanya sedikit yang keluar. Namun untuk solusinya bila kita hanya minum air putih saja memang tidak cukup karena memang setelah malam itu aku masih ngerasain yang namanya anyang-anyangan terutama di malam hari, masih mending sih karena dirumah sendiri, lah bahkan pernah pas siang hari di tempat kerja saat ingin buang air kecil aku ngerasa susah lagi dan itu bener-bener ganggu banget -.-



Sebagai wanita kita gak bisa menganggap sepele saat anyang-anyangan menyerang. Secara anatomi, saluran kemih wanita lebih rentan diserang bakteri jahat yang disebut E-Coli. Bila tidak segera ditangani, hal tersebut malah bisa mengakibatkan infeksi saluran kemih. Faktanya nih, risiko seorang wanita terkena anyang-anyangan sepanjang hidupnya bisa mencapai 50%, hmmm serem banget kan? Nah tips awal dari aku sih agar saat buang air kecil lebih mudah biasanya aku renggangkan kedua kaki agak lebar dan tubuh dalam posisi berdiri, hal tersebut bisa mengeluarkan air kencing lebih mudah daripada aku jongkok.

Apa saja sih penyebab munculnya anyang-anyangan?
Umumnya sih terjadi karena seringnya menahan kencing. Namun ternyata masih ada penyebab lain, diantaranya karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang berefek diuretik, seperti alkohol, kopi, dan teh. Bisa juga karena kehamilan, cemas, otot detrusor tidak stabil, pembesaran prostat, hipertonisitas dasar panggul, interstitial cystitis, dan diverticulitis

Untuk aku pribadi penyebab utamanya sih karena memang aku lagi hamil. Namun sebelumnya sih salah satu teman blogger aku yang sudah berpengalaman memang menyarankan saat hamil jangan menahan rasa ingin buang air kecil. FYI, anyang-anyangan gak cuma terjadi pada orang dewasa saja namun pada anak juga bisa -.-



Solusinya apa?
Nah jadi waktu itu meski aku sudah cari banyak info namun anyang-anyangan itu terkadang muncul menyerang, akhirnya pas lagi ada kelas ibu hamil aku tanyain deh ke Bidan untuk solusi tambahan, ternyata jawabannya sama aja sih, jadi kita gak boleh menahan kencing, jangan mengkonsumsi minuman alkohol, kopi ataupun teh, cukup air hangat saja.

Untuk yang sudah memiliki anak, kita bisa mengatasinya dengan membiasakan buang air kecil secara teratur, tidak menahan pipis, serta membasuh dari depan ke belakang saat buang air.

Namun untuk yang ingin lebih praktis dan meyakinkan, kita bisa mengkonsumsi Prive Uri-cran yang diminum 2x sehari, hah apa itu Uri-cran?
Uri-cran merupakan produk andalan yang bisa membantu memelihara kesehatan saluran kemih, salah satu komposisinya yaitu mengandung ekstrak cranberry. Buah Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak (tumbuh liar) berwarna merah tua, banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno karena bisa digunakan sebagai obat luka. Namun, beberapa tahun terakhir ini cranberry lebih populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan, serta sebagai antioksidan.




Buah cranberry mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi, kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, quercetin dan senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber antioksidan polifenol, sehingga menjadikan buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit kanker.

Dikarenakan banyaknya wanita diatas usia 20 tahun yang menderita infeksi saluran kemih, akhirnya pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing. 


Kabar baiknya, produk Uri-cran yang mengandung ekstrak cranberry sudah bisa kita dapatkan di Indonesia yaitu bisa dibeli di apotek, Guardians, Watsons, Century, Kimia Farma, Viva Generik dan masih banyak lagi. Prive Uri-cran sudah diyakini aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, orang dewasa, bahkan anak-anak. Jika untuk pengobatan, ladies bisa minum Uri-cran 2x sehari.

Nah itu tadi cerita seputar pengalaman aku mengenai kesehatan dan info yang bisa bermanfaat untuk semua para wanita yang bisa saja mengalami hal yang sama. Apalagi di bulan puasa gini nih sudah seharusnya kita lebih memperhatikan kesehatan, terutama untuk ibu hamil yang ingin tetap mencari berkah dan pahala dengan tetap berpuasa di bulan Ramadhan.


Nb: Tulisan pada artikel ini diikutsertakan dalam Wanita Uri-cran Blogger Competition dengan tema 'Anyang-anyangan, kesehatan kewanitaan dan pengalaman mengatasi Anyang-anyangan dengan Uri-cran'


Terimakasih sudah mampir di blog aku.

Temui aku di :
Instagram : elvinautami
Youtube : elvina utami
Fanspage : Muda Berbakat by MEn'U
Email : Lveenha@yahoo.com


Wassalamualaikum ^_^






No comments:

PesonaCleopatra