Tuesday, October 25, 2016

RESEP PASTA TOM YUM / THAI CHILI PASTE

Assalamualaikum, hello foodies... Yeayy senangnya aku balik lagi nih mau kasih resep masakan dalam bentuk foto. Nah, resep yang akan aku bagikan kali ini yaitu cara membuat pasta tom yum / bumbu tom yam / thai chili paste. Bumbu ini biasanya digunakan untuk membuat sup tom yam yang terkenal dari negara Thailand, dibuat dengan campuran udang, ayam, ikan, jamur, bahkan banyak juga yang mengkreasikannya dengan tambahan sayur-sayuran. 



Sebelumnya aku dapat resep ini dari mbak Andrianda, berhubung aku juga belum pernah nyicip masakan tom yam ini jadi aku gak tau rasanya sama apa enggak, tapi soal enak ini beneran enak dan recommend untuk dicoba, kalau menurut aku sih selain perlu menyiapkan bumbu dasar putih, kuning, serta merah, kita juga perlu siapkan bumbu tom yam ini sebagai bahan dasar dalam memasak terutama masakan yang ditumis, karena dibuat dengan campuran bahan-bahan yang sangat mudah didapat serta dengan rasa yang yummy menjadikan bumbu tom yam ini patut untuk dicoba. Langsung saja deh kita intip proses pembuatannya ^_^

BAHAN-BAHAN


8 siung bawang merah dan 16 siung bawang putih
yang sudah disangrai sebentar (tidak terkena air) atau bisa dijemur.

TIPS :
  • PILIH BAWANG PUTIH YANG SUDAH TUA, WARNA AGAK KEMERAHAN / SEDIKIT KECOKLATAN DI KULIT LUARNYA, DAN SAAT BAWANG TERSEBUT DIPENCET TIDAK LUNAK / LEMBEK


3sdm ebi (udang kering), sedikit garam dan gula merah


Cabe yang sudah disangrai sebentar (banyaknya sesuai selera) dan terasi udang secukupnya 
yang juga sudah dibakar sebentar saja.
Sampai disini bahan-bahannya sudah selesai, juga bisa ditambah kecap asin jika mau.


PROSES PEMBUATAN


Tumbuk bawang putih hingga halus, beri sedikit garam saat menumbuk.
(Aku lebih suka bawang putihnya ditumbuk karena aromanya lebih wangi dan tahan lama)
Untuk yang mau lebih simpel dan cepat, semua bahan-bahan bisa langsung diblender dengan menggunakan minyak goreng.


Ebinya juga bisa ditumbuk sebentar kalau mau, atau bisa dengan disangrai saja.


Hasil.




Campur semua bahan (kecuali gula merah) untuk di blender, 
tambah minyak goreng yang masih baru / fresh, jangan sampai masuk air di bumbu ini,
karena tujuannya bumbu ini akan disimpan lebih lama, namun bila bumbu ini dibuat hanya untuk
sekali pakai langsung habis, tidak apa jika memasukkan sedikit air.


Hasil setelah bumbu di blender.
Selanjutnya tumis bumbu ini (bisa tambah minyak lagi) 
dengan tambahan gula merah yang sudah diiris.


Hasil setelah bumbu ditumis. Diamkan hingga dingin.
Selanjutnya masukkan bumbu dalam wadah / toples kedap udara / yang tertutup
dan simpan dalam kulkas, tahan hingga -+ 2 bulan.





HASIL AKHIR






CONTOH MENU MASAKAN DARI BUMBU TOM YAM




Nah, sampai disini kita sudah selesai membuat bumbu tom yam / thai chili paste. Gampang dan cepat banget kan proses pembuatannya. Seperti yang sudah aku tulis diatas, bumbu ini cocok untuk aneka jenis tumisan, wanginya itu loh, rasanya juga enak, bisa juga untuk bikin masakan semur, ataupun untuk tambahan di kuah bakso, selamat berkreasi deh pokoknya. Buat yang mungkin masih bingung, bisa tonton juga video proses pembuatannya disini CARA MEMBUAT PASTA TOM YUM / THAI CHILI PASTE  
Sampai ketemu di tulisan berikutnya.

Terimakasih sudah mampir di blog aku.

Temui aku di :
Instagram : elvinautami
Youtube : elvina utami
Fanspage : Muda Berbakat by MEn'U


Wassalamualaikum  ^_^

No comments:

PesonaCleopatra