Monday, September 19, 2016

REVIEW ISOPLUS (MINUMAN ISOTONIK)

Assalamualaikum... 

Hufftt cukup lama nih aku update review terbaru dikarenakan banyak yang mesti di upload jadi ya gitu mesti satu-satu biar gak kebentrok, hhee, juga karena mesti cobain satu persatu produk dalam waktu yang tidak singkat sehingga bisa menghasilkan review yang gak alakadarnya. Oke seperti yang sebelumnya sudah aku kasih tahu di akun Instagram bahwa selain review produk skincare, makeup maupun resep masakan, aku juga akan review produk makanan dan minuman yang sangat mudah kita temui di seluruh supermarket maupun toko di Indonesia. Nah sebagai permulaan, aku akan review salah satu minuman kemasan yang belakangan ini jadi favorit aku, yaitu Isoplus.




Minuman Isoplus ini termasuk yang cepat masuk di supermarket dan toko-toko kecil di daerah aku (Belitung Timur), mengingat produk semacam mie instan 'mewah' cukup lama aku jumpai disini, alhasil karena sudah banyak baca review jadi males untuk nyoba beli apalagi harganya yang melambung lebih mahal namun isi yang sedikit dibanding produk mie instan yang biasanya, loh kok jadi bahas mie instan ya? hhehe.. oke skip.

Setelah aku membeli si Isoplus ini saat membaca struk harga agak kaget loh kok murah ya padahal di kemasan tertera harga Rp. 3.000,- tapi pas bayar justru lebih murah, oalahh asikk bener. Sebelum aku cobain, aku mikir dulu jangan-jangan rasanya kayak air mineral biasa karena harganya yang murah itu, pas cobainnnn... aku jadi makin kaget dengan rasanya begitu mirip dengan produk minuman yang harganya justru diatas Rp. 5.000,- ckkkckk.. Makin penasaran donk pastinya? mending kita lanjut aja deh baca review selengkapnya!

DESKRIPSI PRODUK



Nama Produk :
Isoplus

Nomor BPOM :
BPOM RI MD 266810009062

Ukuran :
350 ml

Harga :
Rp. 2.100,- sampai Rp. 3.000,-

Tanggal Kadaluarsa :
01/04/17

Klaim Produk :
Cocok untuk yang beraktivitas dan berkeringat serta 
memerlukan penggantian elektrolit dengan cepat

DETAIL PRODUK
PACKAGING/KEMASAN


Isoplus merupakan minuman isotonik, yaitu minuman yang dirancang mempunyai tekanan osmotik yang sama dengan yang terdapat di sel tubuh kita. Contohnya seperti larutan oralit yang dikategorikan sebagai larutan isotonik karena merupakan campuran gula, garam dan air. Larutan ini biasanya berguna saat lagi terkena diare, yang mana tubuh kita kehilangan cairan dan ion-ion dalam jumlah yang lebih banyak.


Minuman isoplus merupakan produk minuman kemasan yang dikeluarkan oleh PT. Sayap Mas Utama (Wings Food) yang sudah di launching sejak bulan Juni 2016 dan diproduksi oleh PT. Tirta Alam Segar, Bekasi. Selain itu, yang gak kalah penting Isoplus juga sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI.



Meski di label tertera harga Rp. 3.000,- namun aku mendapatkan produk ini seharga 
Rp. 2.100,- / botol di salah satu supermarket dengan harga 1 dusnya yaitu Rp. 25.000,- isi 12 botol, namun pas beli di supermarket sebelah harganya beda, menjadi Rp. 2.500,- per botol, masih tergolong murah banget sih dibanding produk lain yang rasanya mirip. Gak cuma aku aja sih yang suka, tapi keluarga aku dirumah juga suka banget sama minuman ini dan langsung tertarik untuk beli 1 dus, mumpung enak dan murah, hehhe...




Minuman ini mengandung 7 ion yang dapat membantu menggantikan cairan tubuh dan elektrolit yang hilang bersamaan dengan keringat saat kita beraktivitas, cocok banget dikonsumsi setelah capek berolahraga, hasilnya yang aku rasakan sih badan jadi kembali fit gak berasa capek meski abis nge'zumba hampir 1jam, wuihh lumayan banget kan dengan harga murah namun khasiatnya berasaaa...

Saat berkeringat, tubuh mengeluarkan sejumlah mineral penting yang dibutuhkan tubuh, seperti Natrium (Na) dan Klorida (Cl) lewat pori-pori kulit, nah si Isoplus ini bisa jadi minuman andalan yang siap sedia menggantikan mineral tersebut dengan cepat, sehingga tubuh kembali fit. Selain itu, saat muntah dalam perjalanan jauh, kita juga bisa mengandalkan minuman isotonik ini karena dengan hanya minum air putih saja tidak mampu menggantikan cairan tubuh dan elektrolit yang hilang, sehingga butuh minuman isotonik agar tercipta keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh.


Pada umunya, minuman isotonik mengandung elektrolit kation dan anion yang memang dibutuhkan tubuh. Nah, dengan adanya suplai minuman isotonik saat tubuh kita banyak kehilangan cairan, harapannya tubuh akan mampu mempertahankan keseimbangan cairan.

ISI PRODUK


Isi minuman Isoplus berwarna putih kayak air keruh gitu. Dari segi warna, aroma dan rasa mirip dengan minuman Pocari Sweat. Isoplus ini rasanya campuran sih antara manis dan asam seperti jeruk.


Dengan segala manfaat yang sudah aku jabarkan mengenai minuman Isoplus, namun ada pula dampak negatif bila kita tidak tepat dalam mengkonsumsinya, dikarenakan termasuk minuman isotonik, maka Isoplus ini tidak bisa diminum sesering mungkin, hasilnya akan maksimal bila dikonsumi hanya setelah beraktivitas seperti olahraga berat, kerja berat, diare, muntah, dehidrasi, dan gangguan lain yang menyebabkan tubuh membutuhkan penggantian cairan dan ion-ion dalam waktu yang cepat. 

Bila aktivitas cukup ringan, kita bisa mengkonsumsi air putih saja atau bisa diganti dengan air kelapa muda yang segar. Bila tidak beraktivitas berat dan lelah namun dipaksakan mengkonsumsi minuman isotonik bahkan sesering mungkin maka hasilnya akan sia-sia, dikarenakan tubuh akan terus membuang zat-zat yang tidak diperlukan, bahkan bila mengkonsumsi secara berlebihan bisa membuat tubuh menjadi lelah terutama ginjal karena harus bekerja lebih keras.

Makanya bisa digantikan dengan minuman alami seperti air kelapa yang merupakan sumber potassium, sodium, magnesium, fosfor serta kalsium yang jumlahnya lebih tinggi dari minuman isotonik, juga rendah kalori dan gula sehingga lebih baik untuk tubuh.
Selain itu, untuk seseorang yang sudah berusia lanjut tidak disarankan mengkonsumsi minuman isotonik, karena biasanya lebih rentan terhadap hipertensi. 


Menurut aku sih meski tertera ada kandungan Vitamin C, namun Isoplus ini tidak menyembuhkan sakit tenggorokan, sariawan, dsb. Mungkin ya karena dia lebih fokus ke penggantian cairan dan ion-ion tubuh yang hilang saat beraktivitas berat.

KESIMPULAN

Poin PLUS :
  • Isi banyak, harga murah
  • Rasanya pas, gak hambar 
  • Efektif membuat tubuh kembali fit setelah capek berolahraga
  • Mudah ditemukan di supermarket dan toko-toko kecil
  • Sudah mengantongi izin BPOM dan mendapat sertifikat halal MUI


Poin MINUS :
  • Mesti diperhatikan dampak negatifnya, konsumsi hanya saat setelah beraktivitas berat, lelah, dehidrasi, muntah, dsb. Tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan dan tidak untuk seseorang yang sudah lanjut usia.


RATING PRODUK 8/10

Nah, itu tadi review dari minuman lokal dengan harga terjangkau banget namun hasilnya oke banget yang jadi andalan aku konsumsi setelah capek beraktivitas terutama setelah berolahraga agar tubuh kembali fit. Well, setelah mengetahui manfaat dan dampak negatifnya kalian bisa tentuin deh apakah tertarik atau tidak untuk membeli dan mencoba produk minuman ini, hhehe... Sampai ketemu di tulisan berikutnya.


Terimakasih sudah mampir di blog aku.

Temui aku di :
Instagram : elvinautami
Youtube : elvina utami
Fanspage : Muda Berbakat by MEn'U
Email : Lveenha@yahoo.com


Wassalamualaikum ^_^

4 comments:

Ayana Henna said...

seger banget, aku juga suka minum isoplus, apalagi kalau dingin... makin nyes di tenggorokan

chiho yuki said...

Pernah nyoba juga. Memang kok rasanya gak kalah enak sama minuman isotonik lainnya. Harganya keknya sama 3000 nya kalo di tempatku hehehe

oscop said...

belum pernah nyoba nih. makasih infonya mb

Santi Dewi said...

Anak saya suka minum minuman ini kalo abis olahraga :)

PesonaCleopatra