Tuesday, August 9, 2016

2in1 RESEP KAKI NAGA/DRUMSTICK DAN OMELET TELUR

Assalamualaikum foodies, food addict, dan semuanya deh pokoknya yang demen makan + masak.
Yeayyy ... Lagi-lagi aku seneng banget karena banyaknya yang suka & share resep-resep yang sudah aku posting, biar gak bosan dan ada yang baru makanya kali ini aku mau kasih lagi nih resep + tips masakan yang berbahan utama daging AYAM.

Ngomong-ngomong soal masakan yang diolah dari daging ayam, yang paling populer biasanya sih ayam goreng, opor dan semur, nah sista dan bunda dirumah lebih sering masak yang mana nih? Kalau aku sendiri sih suka ketiga jenis masakan tersebut, asal bagian dalam ayamnya gak bikin eneg, bosen dan berasa gitu-gitu aja, apalagi ayam goreng gak jarang bagian luar kremes ataupun krispinya aja yang enak eh pas dalemnya biasa, serasa mubazir secara 1kilo ayam aja harganya makin hari makin naik, ehh kayak udah jadi ibu-ibu aja nih komplennya, hhee.. 

Kaki naga, dari namanya terlihat unik gitu ya, hehe pertama kali nyoba menu ini saat aku lagi ada acara keluarga di kota, salah satu menunya ya kaki naga ini yang katanya sih beli Rp. 1500/satuan yang pegangannya menggunakan stik es krim, namun yang aku coba waktu itu berbahan utama daging ikan, dagingnya berasa banget, nah kali ini si kaki naga mau aku coba buat dengan bahan utama ayam, apa rasanya gak kalah enak ya dengan kaki naga yang rasa ikan?




Langsung aja deh aku kasih bahan, resep dan tipsnya, sesuai judul jadi aku mau kasih resep membuat kaki naga atau bisa juga disebut drumstick (yang sering bikin masakan unik  dan kreatif biasanya sih drumstick juga bisa kan ya dibikin dari kentang), nah selain itu juga ada omelet telur, jadi bahan dasarnya aku bikin jadi 2 menu, dan menariknya lagi resep kaki naga ini aku buat TANPA MSG, so cocok banget untuk yang memiliki anak kecil.

Siapkan bahan-bahan berikut :




200gr daging ayam yang sudah aku tumbuk

TIPS
Gunakan daging ayam negeri, karena tesksturnya yang tidak keras.
Untuk mendapatkan daging ayam yang baik, tentu kualitasnya harus diperhatikan sebelum membeli, pilih daging ayam yang berwarna putih keabuan dan cerah, aroma tidak menyengat dan tidak berbau busuk, jika disentuh daging terasa lembab tidak lengket, halus, mudah ditumbuk / digiling, setelah dimasak daging ayam terasa mudah dikunyah 





5sdm kaldu bubuk / penyedap rasa sapi (homemade)
cukup menggunakan kaldu ini saja tidak ada tambahan garam lagi
(resep bisa lihat di postingan sebelumnya)
http://pesonacleopatra.blogspot.co.id/2016/07/resep-membuat-kaldu-bubuk-penyedap-rasa.html





Cara memotong wortel, kulit luar wortel sudah dikupas terlebih dulu

TIPS
Gunakan sabun cair khusus untuk mencuci sayuran seperti wortel dan siram dibawah air mengalir / kran air (bukan direndam) , karena menyiram dengan air saja tidak cukup, masih terdapat kuman-kuman patogen (penyebab penyakit). Cuci sayur terlebih dahulu dan kemudian bisa dipotong, sehingga tidak kehilangan manfaat vitamin yang terdapat pada sayuran.

Bahan pelapis :


Tepung roti (bisa tepung panir)


1 butir telur

Bahan tambahan :


4 potong sayap ayam
(bisa diganti potongan bambu, stik es krim, dsb. sesuai selera & kreasi masing-masing)


PROSES PEMBUATAN
Mencampur semua bahan







Masukkan 5sdm kaldu bubuk sapi (homemade), tidak menggunakan tambahan garam lagi







TAHAP MEMBENTUK DAN MENGUKUS KAKI NAGA / DRUMSTICK 


Pipihkan dan bentuk ke sayap ayam, 
sebelumnya panaskan air untuk mengukus






Susun di wadah kukusan,
kukus selama 20menit, diamkan hingga tidak panas lagi



Simpan dalam freezer dengan wadah tertutup rapat, bebas mau disimpan berapa jam.

Ambil sebagian untuk digoreng, sisanya bisa simpan di dalam freezer selama beberapa hari sesuai keinginan, sebelum digoreng celupkan ke kocokan telur dan balur dengan tepung roti, siap di goreng.


Cara menggoreng
Bisa dengan cara masing-masing, tidak mesti sama, bebas aja kok, hheee..


TIPS
Gunakan snack paper untuk menyaring minyak berlebih dari ayam yang sudah digoreng, sehingga gorengan terasa lebih kering dan garing tanpa ada rasa lengket minyak

Sampai disini, kita sudah selesai membuat kaki naga / drumstick yang  TANPA MSG, baru selesai dikukus aromanya wangi bangettt apalagi setelah digoreng, perpaduan antara daging ayam, penyedap rasa sapi dan bumbunya bikin menu ini pantas untuk disajikan sebagai menu favorit keluarga.


TAHAP MEMBUAT SAMBAL COCOLANNYA
Bisa dengan resep sambal masing-masing sesuai selera dan kreasi, tidak mesti sama.



1buah tomat ukuran agak besar, 3 cabe besar
bisa pakai cabe kecil, ukuran disesuaikan dengan selera apalagi buat yang suka pedes.




Masukkan 1sdm minyak goreng,
tumis sebentar potongan tomat dan cabenya hingga agak layu






Hasil setelah ditumis




Tumbuk cabe terlebih dulu




Masukkan tomat dan tumbuk juga


Cicipi rasa, bila kurang bisa tambah 1sdt saos sambal, gula dan garam.


Sambal tomat cocolan sudah selesai




HASIL
Beri daun singkong dan wortel yang sudah direbus sebagai lalapan
bisa ganti dengan sayur lainnya sesuai selera







Sambal tomatnya sudah habis duluan dibawa piknik, hhiii 
jadi diganti pakai saos sambal siap pakai saja deh
etapi, tanpa saos juga sudah enak kok, kaldu sapinya berasa, 
enak lezatos maknyos dahh pokoknya mesti dicoba ^_^


Ambil napas dulu, masih siap untuk lihat resep selanjutnya?

RESEP OMELET TELUR

Siapkan bahan-bahan berikut :




2 butir telur, kocok, bagi 2, beri 1tetes pewarna makanan untuk 1 bagian
Bisa ditambah telurnya sesuai selera sehingga bisa dibikin berlapis-lapis 
dengan banyak warna



ambil sekitar 2sdm yang sudah dikukus terlebih dulu
(yang difoto belum dikukus)



Panaskan teplon, beri 1sdm minyak, dadar telur, beri isian ayam atau ganti dengan isian lainnya yah suka-suka
(minyak aku kebanyakan, kurang konsen akibat buru-buru + mesti foto-foto, ckckk)


Lipat / gulung dadaran telur yang tanpa pewarna,
tuang kocokan telur yang sudah diberi pewarna


Lipat / gulung / satukan dengan dadaran telur yang pertama


Siap dipotong, beri saos atau hiasan apa saja sesuai selera





Yeay akhirnya selesai... Gimana nih sista dan bunda tertarik mencoba? segera recook dan kirim foto hasil kreasinya ke akun sosmed aku yah. Semua resep diatas bisa dikreasikan sesuai selera, ukuran, bahan dsb bisa disesuaikan, intinya aku gak maksain untuk bikin sama persis.

Semoga sista dan bunda semakin semangat belajar memasak  serta mengetahui berbagai macam tips - tips untuk masakan, dan tentu jangan lupa untuk saling berbagi yahh...
sampai ketemu di tulisan berikutnya..


Terimakasih sudah mampir di blog aku.

Temui aku di :
Instagram : elvinautami
Line : elvinachan
youtube : elvinautami
Fanspage : Muda Berbakat by MEn'U


Wassalamualaikum ^_^


No comments:

PesonaCleopatra